Tiga Gaya Belajar

1.Gaya Belajar Visual

Ciri-cirinya

a.Rapi dan teratur

b.Berbicara dengan cepat

c.Perencana dan pengatur jangka panjang yang baik

d.Teliti terhadap detail

e.Mementingkan penampilan dan tulisan

f.Pengeja yang baik dan dapat pelihat kata-kata yang sebenarnya dalam pikiran mereka

g.Mengingat apa yang dilihat dari pada yang didengar

h.mengingat dengan asosiasi visual

i.Biasanya tidak terganggu oleh keributan

j.Mengalami kesulitan mengingat instruksi verbal dan cenderung untuk minta orang untuk mengulangi

k.pembaca cepat dan tekun

l.Mencoret-coret tanpa arti ketika menerima telpon atau selama mengikuti pelajaran

m.Sering lupa menyampaikan pesan verbal kepada orang lain

n.menjawab pertanyaan dengan singkat

o.Lebih suka berdemonstrasi dari pada berpidato

p.Lebih suka seni lukis , drama, tarian dan sejenisnya dari pada musik

q.Sering kali tahu apa yang harus dilakukan tetapi tidak pandai memilih kata-kata

Saran bagi pembelajar visual : 1.Gunakan pena dan kertas untuk membantu mengingat materi yang diterangkan guru  2.Buatlah sketsa berupa diagram atau gambar-gambar dari apa yang dipelajari  3.Warnai teks yang penting dengan tinta berwarna pada saat membaca  4.Gunakan imajinasi visual , pikiran saat mencermati materi

2.Gaya Belajar Auditorial

Ciri-cirinya :

a.Sering berbicara dengan diri sendiri saat belajar

b.Mudah terganggu oleh keributan

c.menggerakkan bibir dan mengucapkan tulisan saat membaca

d.Senang mendengarkan dan membaca dengan suara yang keras

e.Mampu mengulangi dan menirukan nada dan suara

f.Kesulitan dalam menulis tetapi pandai dalam berceritera

g.Berbicara dengan irama yang terpola

h.Biasanya merupakan pembicara yang fasih

i.Lebih suka musik dan belajar sambil mendengarkan musik

j.Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan

k.Suka berbicara, berdiskusi dan menjelaskan sesuatu dengan panjang lebar

l.kesulitan dalam pekerjaan yang melibatkan visualisasa seperti memotong bagian-bagian hingga sesuai satu sama lain

m.lebih pandai mengeja dengan keras dari pada menuliskannya

n.Lebih suka gurauan lisan dari pada cerita lucu di komik

Saran bagi pembelajar auditorial :  1.Saat membaca materi suarakan materi  tersebut dalam hati untuk mengingatnya  2.Gunakan kaset rekaman saat guru mengajar dikelas sehingga dirumah dapat diputar  dan dipelajari kembali  3.Belajar dengan teman dengan cara berdiskusi atau tanya jawab  4.Saat belajar luangkan waktu untuk diskusi internal tentang ateri yang diberikan  5.Konsentrasikan saja pada penjelasan guru karena pembelajar ini cocok dengan metode ceramah.

3.Gaya Belajar Kinestetik

Ciri-cirinya :

a.Berbicara dengan perlahan

b.Menanggapi perhatian fisik

c.Menyentuh orang untuk menarik perhatian mereka

d.Berdiri dekat ketika berbicara dengan orang

e.Berorientasi pada fisik dan senang bergerak

f.Belajar melalui praktek

g.Menghafal dengan cara berjalan dan melihat-lihat

h.Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika membaca

i.Banyak menggunakan isyarat tubuh

j.Tidak dapat duduk dalam waktu lama

k.Menggunakan kata-kata yang mengandung aksi

l.Membaca dengan menyertakan gerakan fisik sesuai dengan isi ceritera

m.Kemungkinan tulisannya jelek

n.Selalu ingin mempraktekkan segala sesuatu

o.Suka permainan yang menyibukkan

Saran bagi pembelajar Kinestetik :  1.Tempatkan diri di lingkungan yang aktif, materi yang didiskusikan disertai dengan simulasi lebih mudah diserap dengan baik  2.Tandai  materi yang penting dengan tinta berwarna  3.Buatlah catatan peta yaitu catatan dengan di sertai gambar sehingga selama pembelajaran  kegiatan kinestetik tetap berlangsung  4.Peragakan atau praktekkan  materi yang dipelajari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s